Minggu, 06 November 2011

RINCIAN MATERI POKOK BI DANG-BIDANG BIMBINGAN DI SLTP, SMU, SMK



BIDANG
BIMBINGAN
SLTP
SMU / SMK
Bimbingan
Pribadi
1. Pemantapan kebiasan dan pengem-bangan sikap dlm beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.
1. Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dlm beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.
2. Pemahaman kekuatan diri dan arah pengembangannya melalui kegiat-an yg kreatif dan produktif baik dlm kehidupan sehari-hari di masya rakat, maupun untuk peranannya di masa depan
2. Pemantapan, pemahaman, tentang kekuatan diri dan pengembangan nya untuk kegiatan-kegiatan yg kreatif dan produktif, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk perannanya di masa datang
3. Pemahaman bakat dan minat priba di serta penyaluran dan pengemba ngan melalui kegiatan yang kreatif dan produktif.
3. Pemantapan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta pe nyaluran dan pengembangannya pada/melalui kegiatan-kegiatan yg kreatif dan produktif
4. Pengenalan kelemahan diri dan upaya penanggulangannya.
4. Kelemahan diri dan usaha-usaha penanngulangannya
5. Pemahaman dan pengalaman hidup
5. Pemantapan kemampuan mengam bil keputusan

6. Arahkan diri sesuai dengan keputu san yg telah diambil

7. Penyelenggeraan hidup sehat baik secara rohaniah maupun jasmaniah



BIDANG
BIMBINGAN
SLTP
SMU / SMK
Bimbingan
Sosial
1. Pengembangan kemampuan berko munikasi baik secara lisan maupun tulisan
1. Pemantapan kemampuan berkomu nikasi, baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif
2. Pengambangan kemampuan ber tinggkah laku dan berhubungan sosial baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, adat istiadat.
2. Pemantapan kemampuan menerima dan menyampaikan pendapat serta berargumentasi secara dinamis kreatif dan produktif
3. Pengembangan hubungan harmonis dengan teman dengan teman sebaya di dalam dan di luar sekolah, serta di masyarakat pada umumnya.
3. Pemantapan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial di rumah, disekolah, di tempat Latihan Kerja /Unit Produksi)
4. Pemahaman dan pengalaman disiplin dan peraturan sekolah
4. Pemantapan hubungan yang dinamis, harmonis dan produktif dgn teman sebaya, baik di sekolah yg sama, di sekolah maupun di masyarakat umumnya.

5. Pemantapan pemahaman kondisi dan peraturan sekolah serta upaya pelak sanaan secara dinamis dan bertang gung jawab.

6. Orientasi tentang hidup berkeluarga



BIDANG
BIMBINGAN
SLTP
SMU / SMK
Bimbingan
Belajar
1. Pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik, dalam mencari informasi dari berbagai sumber, dalam bersikap terhadap guru dan staf yg terkait, mengerjakan tugas dan mengembang kan keterampilan, serta dlm menjalani program penilaian, perbaikan, pengayaan
1. Pemantapan sikap dan kebiasaan belajar yg efektif dan efisien serta produktif, baik dalam mencari informasi dari berbagai sumber belajar, bersikap terhadap guru dan nara sumber lainnya, mengembang kan keterampilan belajar, mengerja kan  tugas-tugas pelajaran dan menja lani latihan keterampilan program penilaian teori mapun praktek-praktek kejuruan*)
2. Menumbuhkan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun berkelompok
2. Pemantapan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun kelompok
3. Mengembangkan penguasaan matei program belajar di SLTP.
3. Pemantapan disiplin belajar di sekolah menengah/kejuruan*) sesuai dengan perkembangan ilmu teknolo gi, kesenian dan tuntutan dunia kerja*)
4. Mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial dan budaya di lingkungan sekolah atau alam sekitar untuk pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pe ngembangan diri
4. Pemantapan pemahaman dan peman faatan kondisi fisik, sosial dan budaya yang ada di sekolah, lingku ngan sekitar dan masyarakat untuk pengembangan pengetahuan dan kemampuan, Pengembangan keterampilan kejuruan *)
5. Orientasi belajar di sekolah menengah baik umum maupun kejuruan
5. Orientasi belajar di perguruan tinggi dan / atau pendidikan tambahan / pendidikan lebih tinggi



BIDANG
BIMBINGAN
SLTP
SMU / SMK
Bimbingan
Karir
1. Pengembangan konsep diri berkaitan dengan bakat dan kecenderungan pilihan jabatan serta arah pengem bangan karir.
1. Pemantapan pemahaman diri berkena an dengan kecenderungan karir dan pilihan kejuruan *) yang hendak dikembangkan
2. Pengenalan bimbingan kerja / karir khususnya berkenaan pilihan pekerja an
2. Pemantapan dalam cita-cita karier dan kejuruan *) sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang hendak dikembangkan.
3. Orientasi dan informasi jabatan dan usaha mempeoleh penghasilan
3. Orientasi dan Informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
4. Pengenalan berbagai lapangan yang dapat dimasuki tamatan SMP
4. Orientasi dan informasi terhadap pen  didikan yang lebih tinggi khususnya sesuai dengan karier dan kejuruan *) yang hendak dikembangkan
5. Orieentasi dan informasi pendidikan menengah, baik umum maupun kejuruan sesuai dengan cita-cita me lanjutkan pendidikan dan pengem bangan karier.
5. Pemantapan sikap positif dan obyektif terhadap pilihan kejuruan *)


6. Pengembangan dan pemantapan infor masi tentang kondisi tuntutan dunia kerja, jenis-jenis pekerjaan tertentu, serta latihan kerja sesuai dengan karier dan kejuruan yang dipilih *)

7. Pengembangan dan pemantapan keterampilan kejuruan *)

8. Pelayanan kepada tamatan untuk mencari pekerjaan atau menyeleng garakan usaha mandiri


PROGRAM BIMBINGAN KONSELING

NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.
1.
Persiapan
-Penyusunan Personil BK
GP
Agar masing – masing personil mendapat tugas dalam melaksnakan konseling secara merata
Juli




-Konsultasi program
Kepala Sekolah
Mengkonsultasikan program BK agar ada kese suaian dengan program sekolah saling menunjang dan terpenuhinya fasilitas ruang BK/administrasi BK
Juli




- Penyusunan Program

Agar melaksanakan pelayanan bimbingan dan konselingg dapat terlaksana dengan baik dapat dievaluasi dan ditindak lanjuti
Juli




- Sarana Prasarana
  a. Ruang BK

Tertatanya ruang BK yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah





  b. Meja / Kursi kerja

Agar guru pembimbing dapat bekerja dengan baik
Juli/agust




  c. Lemari Kayu

Penyimpanan arsip-arsip BK dan Administrasi guru pembimbing
Juli/agust




  d. lemari format

Agar penyimpanan format-format yang diperlukan Bk tersimpan dengan baik
Juli/agust




  e. File

Penyimpanan data pribadi agar rahasia dapat terjamin
Juli/agust




  f. Map Gantung

Untuk Menyimpan seluruh data pribadi siswa ada atau informasi akademik lainnya





  g. format-format

Untuk memudahkan pelaksanaan pelayanan bimbing an dan konseling dan menghimpun data secara tepat





  h. Buku-buku tentang BJ

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru pembimbing





  i. Gordin + Taplak + Kipas angin

Agar dapat menambah gairah kerja





  j. Perlengkapan visualisasi data

Agar dapat terbaca oleh orang lain



II
Pelaksanaan layanan :
a. Layanan Orientasi
-  Orientasi kepada siswa kelas I dan siswa pindahan, meliputi :
    * Program BK
    * Kurikulum
    * Tata Tertib
    * Lingkungan Sekolah
Siswa Kelas I dan Siswa Pindahan
Agar siswa lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru, sehingga tercipta minat belajar yang tinggi
Juli




- Orientasi kepada siswa kelas I, II, dan III mengenai hak dan kewajiban siswa
Siswa kelas II dan III
Terciptanya kondisi belajar yang optimal dengan adanya kemampuan menyesuaikan diri dengan sekolah sebagai pusat belajar
Juli




NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.

b. layanan informasi
- Informasi kehidupan beragama
Kelas I,II
Memberikan pemahaman kepada siswa tentang keagamaan agar dapat meningkatkan iman dan taqwa
Oktober
Desember




- Informasi hidup sehat
Kelas I
Memberikan pemahaman tentang hidup sehat, sehingga siswa dapat merencanakan hidup sehat
Agustus




- Informasi pertumbuhan dan perkembangan remaja
Kelas II
Agar siswa memahami pertumbuhan dan perkembangan remaja serta memahami tugas-tugas perkembangan
Agustus




- Informasi tata tertib sekolah

Siswa diharapkan dapat mengikuti tata tertib dengan sukarela
Agustus




- Informasi lingkungan sekolah
I,II
Siswa memahami lingkungannya dan dapat meman faatkan lingkungan tersebut untuk kepentingan masa depan hidupnya





- Informasi Kehidupan sosial dan budaya
I,II,III
Siswa Memahami arti kehidupan sosial, pergaulan dan pentingnya hidup berbudaya.
Desember januari  




- Informasi Strategi belajar yang selektif untuk mencapai prestasi yang optimal
I,II,III
Diharapkan siswa dapat menggunkan strategi belajar yang efektif sehingga memperoleh hasil yang optimal
Desember januari




- Informasi dunia kerja
III
Memberikan wawasan tentang dunia kerja yang ada agar siswa mampu menentukan alternatif pilihan karirinya
September



c. Layanan Penempatan dan penyaluran
- Penempatan siswa di dalam kelas
I,II,III
Menempatkan siswa didalam kelas
Juli



- Penempatan dan pengelompokan siswa dalam kelompok belajar
I,II,III
Memberikan wawasan tentang cara-cara membentuk kelompok belajar agar terciptanya kelompok belajar dinamis
Septemberl



- Penempatan dan pemilihan kegiatan ekstrakurikuler
I
Membantu siswa agar dapat memilih salah satu program ekstra kurikuler yg sesuai dgn cita-citanya
September



- Penyaluran bakat dan minat
I,II
Membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya
Des dst.




- Penempatan dalam program studi
II
Membantu siswa dalam memelihara program studi agar sesuai dengan pribadinya
Mei





NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.

d. Layanan pembelajaran
- Pengenalan Masalah belajar yang dihadapi siswa
I,II,III
Agar dapat memberikanpelayanan yang memadai bagi siswa yang bermasalah dalam belajar
Septenber dst




- Program remedial
I,II,III
Membantu memperbaiki nilai siswa yg masih rendah
Sesuai Keb




- Program pengayaan
I,II,III
Mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki prestasi belajar baik
Sesuai Keb




- Peningkatan motivasi belajar
I,II,III
Agar prestasi siswa meningkat (lebih baik)
Setiap saat




- Peningkatan keterampilan belajar
I,II
Siswa mampu belajar dengan efisien dan efektif
Feb




- Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
I,II,III
Siswa memiliki etos belajar, disiplin dan pemanfaat an waktu luang
Maret



e. layanan konseling perseorangan
- Memberikan layanan secara perorangan, langsung tatapmuka dlm rangka membahas dan mengentaskan masalah yang dialami siswa dalam bidang :
    * Pribadi
    * Sosial
    * Belajar
    * Karier
I,II,III
Membantu mengentaskan masalah yang dihadapi siswa secara perorangan
Sesuai kebutuhan



f. Layanan Bimbingan Kelompok
- Membimbing siswa dalam kelom pok kecil sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kpd siswa ttg masalah yg bersifat umum dgn memanfaatkan dinamika kelompok materi layanan yang dibahas dihimpun para anggota kelompok dan disepakati untuk menentukan prioritas
I,II,III
Memberikan pemahaman bagi siswa agar dapat membantu kemandirian siswa
Sesuai kebutuhan



g. Layanan Konseling kelompok
- Memberikan layanan kpd individu melalui kelompok. Masalah yg dibahas adalah masalah pribadi yg berkaitan dengan :
   * bimbingan Pribadi
   * bimbingan sosial
   * bimbingan belajar
   * Karier







NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.
III
Kegiatan Pendukung







a. Administrasi
- Test : * Kecerdasan
             * Bakat
             * Minat
             * Kepribadian
- Non Test : * angket orang tua
                    * angket siswa
                    * Pedoman Observasi
                    * Pedoman Wawancara
                    * Skala sikap
I,II



I,II,III
Dapat mengetahui dan memahami kecerdasan, bakat, minat sertakepribadian siswa sebagai bahan pertim bangan membantu masalah siswa.

Melengkapi data dan informasi yang diperlukan dalam rangka melayani siswa
September



Juli dst



b. Himpunan data
Data Pribadi :
* Absensi kehadiran
* Prestasi : - akademik
                   - non akademik
* Hasil wawancara
* Hasil observasi
* Hasil psikologi
* Hasil angket
* Catatan Anekdot
* Hasil dcm
* Status konseling
* data Keluarga
* NEM

Menghimpun data yang diperlukan dalam rangka melayani siswa.
Juli dst.



c. Kunjungan Rumah
Melaksanakan kunjungan ke rumah siswa dalam rangka melengkapi data/informasi yang diperlukan terutama data yang berhubungan dengan keluarga dan kegiatan siswa di rumah/ lingkungannya yang akan dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka menanggani masalah siswa
I,II,II
Memperoleh sejumlah data dan iformasi yang berhubungan dengan masalah keluarga agar lebih memahami kondisi siswa





NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.

d. Konferensi kasus
Mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait dalam memperoleh data /informasi yang lebih lengkap dan memperoleh masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan tentang alternatif supaya bantuan yang akan diberikan kepada siswa dalam menanggani kasusnya
I,II,III
- Menempatkan konsensus dari para ahli (pihak terkait) dalam menafsirkan data, yang cukup komperhensif dan pelik yang menyangkut diri seorang kasus
- Menetapkan cara tebaik dalam menanggani kasus
- Sebagai kegiatan awal dalam melaksanakan rujukan
- Kerjasama dengan berbagai pihak terkait penangganan siswa
Sesuai kebutuhan



e. Alih tangan kasus
Melimpahkan penangganan kasus ke pihak lain yang diperkirakan memiliki kemampuan relevan dengan masalah yang dihadapi siswa. Pelimpahan tersebut dapat dilakukan kepada :
* Semua guru pembimbing
* Guru bidang studi
* Wali kelas
* Kepala Sekolah
* Wakil Kepala Sekolah
* Psikolog
* Psikiater
* dokter
* RSKO
* KKS  dll

Mendapatkan bantuan dari pihak lain dalam menanggani kasus siswa
Sesuai kebutuhan


IV
Pengembangan
a. Sistem dan program
Mengembangkan program BK yang lebih sesuai dengan kebutuhan sekolah dan saling menunjang dengan program secara keseluruhan
Program BK
Meningkatkan pelanan bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dapat membantu menciptakan suasana yang aman dan nyaman
April



b. Pembinaan dan pengembangan personil
- Pertemuan staf BK untuk membahas mataeri dan keterampilan BK yang perlu dikuasai guru pembimbing
- Mengundang para nara sumber
- Mengikuti penataran dan Pelatihan BK yang diadakan oleh Depdikbud baik di tingkat regional maupun nasional
GP
Meningkatkan keterampilan guru pembimbing agaar mampu melaksanakan bimbingan dan konseling di sekolah dengan terampil
Sesuai kebutuhan




NO
KEGIATAN
URAIAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU
DANA
KET.

c. Pengembang an sarana
Merubah sarana-saranayang belum ada secara prioritas
Sarana
Menjamin kerahasiaan data-data siswa
Meningktkan gairah kerja
Sesuai kebutuhan


V
Kerjasama
- Lembaga Psikologi

Membantu mengungkapkan data psikologi siswa




dengan instansi
- Perguruan tinggi

Mendapatkan informasi tentang dunia perguruan tinggi





- RSKO

- Membantu menanggani siswa yang terkena ketergantungan NAZA





- Lembaga Pemerintah /Swasta

- Memperoleh informasi tentang dunia kerja secara langsung dan melihat langsung termasuk pekerjaan



VI
Evaluasi
1. Evaluasi Program

Mengetahui kekurangan dan kelebihan program yang disusun





2. Evaluasi pelaksanaan Program

Mengetahui hambatan-hambatan dalam melaksana kan program BK





3. Evaluasi hasil

Mengetahui keberhasilan program BK



VII
Analisis
1. Analisi Program

Menganalisis kekurangan dan kelebihan BK





2. Analisi pelaksanaan program

Menganalisis pelaksanaan program BK





3. Analisis hasil

Menganalisis keberhasilan program



VIII
Laporan
Bulanan

Kepala Sekolah mengetahui kegiatan BK dalam kurun waktu satu bulan





Cawu

Kepala Sekolah mengetahui kegiatan BK kurun waktu satu cawu





Tahunan

Kepala Sekolah mengetahui kegiatan BK kurun waktu satu tahun



IX
Tindak Lanjut
Menindak lanjuti hasil analisis

Agar pelayanan yang diberikan dapat dituntaskan dan memperoleh hasil yang baik sesuai harapan




            Diketahui Oleh :                                                                                                                                                                      Singajaya,    Juli 2008
            Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                      Koordinator BK,




            Ahmad Gunawan, BA.,S.IP.,M.H.                                                                                                                                      Suryana, S.Pd.          
            NIP. 130013926                                                                                                                                                                     NIP. 132165183





JADWAL KEGIATAN TAHUNAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH  : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
TH. PELAJARAN : 2008/2009

NO
JENIS KEGIATAN
JADWAL PELAKSANAAN
KETERANGAN
JULI
AGUS
SEP
OKT
NOV
DES
JAN
PEB
MAR
APR
MEI
JUN

I

PERSIAPAN














1. Penyusunan Personil BK














2. Konsultasi Program














3. Penyusunan














4. Penyiapan Sarana /
    Prasarana dan fasilitas




























II
PELAKSANAAN LAYANAN














1. Layanan Orientasi














2. Layanan Informasi














3. Layanan Penempatan /Penyaluran














4. Layanan Pembelajaran














5. Layanan Konseling Perorangan














6. Layanan Bimbingan Kelompok














7. Layanan Konseling Kelompok




























III
KEGIATAN PENDUKUNG














1. Aplikasi Instrumen














2. Himpunan data














3. Kunjungan Rumah














4. Kompensasi kasus















5. Alih Tangan Kasus
















NO
JENIS KEGIATAN
JADWAL PELAKSANAAN
KETERANGAN
JULI
AGUS
SEP
OKT
NOV
DES
JAN
PEB
MAR
APR
MEI
JUN















IV
PENGEMBANGAN














1. Sistem dan program














2. Pembinaan dan Pengembangan Personil














3. Pengembangan sarana




























V
EVALUASI














1. Evaluasi Program














2. Evaluasi Pelaksanaan Program














3. Evaluasi Hasil




























VI
ANALISIS














1. Analisis Program














2. Analisis Pelaksanaan Program














3. Analisis Hasil




























VII
LAPORAN














1. Bulanan














2. Cawu














3. Tahunan




























VIII
TINDAK LANJUT





























            Diketahui Oleh :                                                                                                                                                                      Singajaya,    Juli 2008
            Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                      Koordinator BK,




            Ahmad Gunawan, BA.,S.IP.,M.H.                                                                                                                                      Suryana, S.Pd.          
            NIP. 130013926                                                                                                                                                                     NIP. 132165183

Tidak ada komentar:

Posting Komentar